Bersama Lawan Tikus: Guru, Siswa, dan Petani Satukan Tekad
Dalam rangka membantu petani membasmi tikus perusak hasil bumi

By Nur Alifah Rahmahilah 11 Jan 2024, 10:01:56 WIB Kunjungan
Bersama Lawan Tikus: Guru, Siswa, dan Petani Satukan Tekad

Gambar : Kolaborasi antara petani, guru dan murid


Pada hari Rabu, 10 Januari 2024, sekolah SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu mengadakan kegiatan Gebug Tikus sebagai bentuk kolaborasi antara siswa, guru, dan para petani untuk membantu membasmi tikus yang merusak hasil panen padi di daerah tersebut. Kegiatan ini bukan hanya sekadar upaya pencegahan tetapi juga menjadi wujud nyata dari rasa kepedulian terhadap kondisi pertanian di sekitar sekolah.

Pukul 08.00 hingga 09.00 pagi, siswa-siswa dari berbagai kelas bersama-sama berkumpul di sawah yang telah disiapkan. Dengan semangat dan kebersamaan, mereka dibimbing oleh para guru untuk melibatkan diri dalam kegiatan Gebug Tikus. Setiap siswa diberikan alat yang diperlukan dan dipandu untuk memahami teknik-teknik yang efektif dalam membasmi tikus tanpa merusak lingkungan sawah.

Kolaborasi antara sekolah, guru, dan para petani menjadi kekuatan utama dalam keberhasilan kegiatan ini. Para petani, yang memiliki pengalaman dan pengetahuan mendalam tentang pertanian, berbagi wawasan dengan siswa-siswa dan guru. Selain memberikan pemahaman praktis, kegiatan ini juga berfungsi sebagai ajang edukasi bagi siswa untuk lebih memahami pentingnya pertanian dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui kegiatan Gebug Tikus ini, sekolah SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu tidak hanya menjadi tempat pendidikan formal tetapi juga menjadi wadah pembelajaran nyata yang melibatkan seluruh komunitas. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat menjadi contoh positif bagi sekolah lain dan mendorong kesadaran akan pentingnya peran masyarakat dalam mendukung sektor pertanian untuk kesejahteraan bersama.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment