Meniti Jalan Ketaqwaan: Kegiatan Dauroh Ramadhan Siswa SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu
Dalam Rangka Meningkatkan wawasan keislaman di Bulan Ramadhan

By Nur Alifah Rahmahilah 30 Mar 2024, 22:17:22 WIB Pendidikan
Meniti Jalan Ketaqwaan: Kegiatan Dauroh Ramadhan Siswa SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu

Gambar : Dokumentasi Hari ke-2


Di SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu, kegiatan Dauroh Ramadhan telah menjadi bagian tak terpisahkan setiap tahunnya di bulan suci Ramadhan. Meskipun tahun sebelumnya disebut sebagai Pesantren Ramadhan, namun tahun ini diselenggarakan dengan nama Dauroh Ramadhan, dengan makna yang tetap sama, yaitu meningkatkan nilai keagamaan Islam melalui kegiatan khusus dalam bulan penuh berkah ini. Kegiatan ini ditujukan khusus untuk siswa kelas 7 dan 8, sementara kelas 9 sedang sibuk menjalani asesmen unjuk performa atau ujian praktik.

Mengambil jadwal selama dua hari, Dauroh Ramadhan diadakan pada Rabu dan Kamis, tanggal 27 hingga 28 Maret 2024. Pada hari pertama, acara dibuka dengan sambutan dari kepala sekolah, diikuti dengan doa bersama untuk kesembuhan Ustadz Aan Subchan, direktur Yayasan Sosial Al-Irsyad Cilacap yang sedang sakit. Dilanjutkan dengan sholat Dhuha dan materi tentang wudhu dan sholat yang disampaikan oleh Ustada Agus Slamet, S.Pd.I serta dilanjutkan dengan praktik wudhu.

Hari kedua diawali dengan sholat Dhuha, dilanjutkan dengan tadarus Al-Quran dan materi kedua tentang puasa yang disampaikan oleh Ustadzah Nur Alifah, S.Pd. Setelah itu, dilanjutkan dengan praktik sholat, memperkuat pemahaman dan keterampilan praktis siswa dalam pelaksanaan ibadah sholat di bulan penuh berkah ini.

Dauroh Ramadhan tidak hanya sekadar kegiatan rutin, tetapi juga sebagai wadah yang memperdalam pemahaman agama Islam bagi siswa, memperkokoh nilai-nilai keimanan, dan mempersiapkan mereka secara spiritual untuk menghadapi bulan Ramadhan dengan penuh kekhusyukan dan kesadaran akan ibadah.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment