Transformasi Pendidikan: Workshop Penyusunan Kurikulum di Gandrungmangu
sinkronisasi perubahan Capaian Pembelajaran

By Nur Alifah Rahmahilah 06 Jul 2024, 20:33:22 WIB Pendidikan
Transformasi Pendidikan: Workshop Penyusunan Kurikulum di Gandrungmangu

Gambar : Praktik penyusunan kurikulum


Workshop Penyusunan Kurikulum di SMP N 1 Atap Gandrungmangu

Pada hari Jumat, 5Juli 2024, SMP Islam Al-Irsyad mengikuti workshop penyusunan kurikulum yang bertempat di SMP N 1 Atap Gandrungmangu, kegiatan ini bertujuan untuk membahas perubahan dalam capaian pembelajaran dalam menyusun kurikulum. Acara ini dihadiri oleh peserta dari berbagai sekolah di Gandrungmangu, termasuk SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu, SMP Yos Sudarso Gandrungmangu, dan SMP Kristen Gandrungmangu. Para peserta sangat antusias untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam proses penyusunan kurikulum yang lebih baik dan relevan. Narasumber yaitu Bapak ST Rakhmad Budiharsa, S.Pd. M.M selaku pengawas pendidikan gandrungmangu.

Dalam workshop ini, SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu mengirimkan 10 guru untuk hadir. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di sekolah mereka. Para guru tersebut aktif berpartisipasi dalam diskusi dan berbagi pengalaman serta pengetahuan mereka tentang metode pengajaran yang efektif. Kolaborasi antar guru dari berbagai sekolah ini diharapkan dapat menghasilkan kurikulum yang lebih komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Kegiatan workshop ini fokus pada pembahasan perubahan capaian pembelajaran yang akan diintegrasikan ke dalam kurikulum baru. Perubahan ini merupakan respons terhadap dinamika dunia pendidikan yang terus berkembang. Dalam sesi ini, para peserta membahas berbagai strategi untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan, serta bagaimana cara mengimplementasikannya dalam proses pengajaran sehari-hari. Diskusi berlangsung dengan penuh semangat dan saling mendukung antara peserta.

Selain membahas perubahan capaian pembelajaran, workshop ini juga menekankan pentingnya pembuatan modul ajar oleh guru. Modul ajar ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyusun rencana pengajaran yang lebih terstruktur dan efektif. Para guru diajak untuk merancang modul ajar yang kreatif dan inovatif, sehingga dapat menarik minat belajar siswa. Dengan adanya modul ajar yang baik, diharapkan proses pembelajaran di kelas menjadi lebih interaktif dan menyenangkan.

Workshop penyusunan kurikulum ini diakhiri dengan sesi evaluasi dan refleksi. Para peserta mengemukakan pendapat dan masukan mereka tentang materi yang telah dibahas. Acara selesai pada pukul 15.00. Diharapkan, hasil dari workshop ini dapat segera diimplementasikan di masing-masing sekolah, sehingga tujuan dari perubahan kurikulum dapat tercapai dengan optimal.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment